Bisnis,Tips

5 Cara Mengasah Skill Menulismu Dengan cepat

Apakah kau seorang penulis? Atau, kau suka menulis dan berencana menjadi penulis profesional?

Saat ini, menjadi seorang penulis ialah suatu profesi yang tak sanggup dipandang sebelah mata. Apakah itu menulis buku, menulis untuk website, atau bahkan menjadi blogger (penulis blog) tengah happening di kalangan anak muda. Bukan hanya untuk menyalurkan hobi, Guys, menjadi penulis profesional juga mendatangkan laba materi yang cukup tidak mengecewakan kalau kau mau konsisten menekuninya.

Masalahnya, dikala kita mencoba menulis secara konsisten, ada saja yang menciptakan kita bingung, mati ide, dan terkena writer’s block. Sebenarnya writer’s block (kebuntuan pada penulis) ini sanggup diatasi kok, Guys. Silakan cari cara-cara untuk mengurai kemacetan menulis yang telah ditulis oleh banyak orang.

Nah, menjadi penulis profesional juga butuh skill menulis yang baik supaya kualitas goresan pena kita juga layak untuk diperhitungkan. Jika goresan pena kita mulai membosankan, pembaca akan beralih ke bacaan yang lain. Sayang, kan? Sudah capek-capek menulis, eh, nggak ada yang membaca. Semangat menulis sanggup turun nih, kalau kayak gini terus.

Supaya kau tak tak kehabisan inspirasi dan tulisanmu selalu menarik, upgrade skill menulismu supaya kau sanggup terus menulis dan kualitas tulisanmu menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Simak tip dari Izwie berikut ini ya, Guys!

1. Baca, baca, baca!

Semakin otak kau terisi bahan, maka kau akan semakin lancar menuliskannya. Membaca ialah syarat mutlak bagi seorang penulis supaya sanggup tetap produktif. Penulis yang tidak suka membaca, tulisannya akan kering dan kurang elok kualitasnya. Membaca buku terbaru, membaca koran, isu online, atau artikel-artikel yang berkualitas akan membuka wawasanmu dan menambah kosakatamu.

2. Ganti Suasana

Mengganti suasana ruangan dan tempatmu menulis ialah cara untuk menciptakan tulisanmu menjadi segar. Pergantian daerah atau suasana sanggup mengubah mood-mu menjadi lebih baik. Ide pun akan lebih gampang muncul daripada kau terus menulis di daerah yang sama, dengan suasana yang sama pula. Mengapa tidak coba menulis di cafe yang asyik dan menyediakan wifi gratis? Pasti lebih menyenangkan sekaligus menjadikan inspirasi cemerlang. Carilah penemuan gres supaya otakmu fresh ya, Guys!

3. Biasakan Melihat Gambar Besar

Menulis mirip merangkai sebuah puzzel yang menantang untuk disusun dan ditaklukkan. Sebuah artikel/buku yang telah jadi merupakan gambar besarmu, sedangkan ide, kata-kata, dan plot ialah serpihan puzzel yang sudah ada di dalam otakmu. Tugas seorang penulis ialah merangkai puzzel tersebut sampai terbentuk gambar besar yang diinginkan. Supaya tulisanmu benar-benar selesai, selalu ingat gambar besar yang kau inginkan supaya semangatmu terjaga.

4. Brainstorming  Itu Penting!

Apakah brainstorming itu? Suatu dikala kepala kau niscaya pernah dihinggapi begitu banyak inspirasi yang melimpah ruah. Kadang kau merasa inspirasi tersebut sangat sayang kalau dibiarkan terbang begitu saja. Solusinya, lakukanlah brainstorming dengan cara menuliskan apa saja yang terlintas dalam otakmu secara cepat pada selembar kertas, buku catatan, atau simpelnya pada notes smartphone kamu. Jangan merasa bahwa inspirasi kau tidak berguna, sebab, setiap inspirasi niscaya mempunyai kegunaan bagi kita apabila kita mengolahnya dengan baik. Di masa depan, kau sanggup memakai catatan ini untuk mendapat ide-ide untuk goresan pena kamu. Cobalah!

5. Relax, Take It Easy…

Jenuh menulis? Santai saja. Manusia bukanlah mesin yang sanggup diforsir untuk terus menerus menulis. Bahkan mesin-pun butuh diistirahatkan supaya tidak cepat rusak. Saran umum untuk seorang penulis adalah: Seringlah jalan-jalan! Ini benar sekali. Dengan jalan-jalan, otak akan relax dan sanggup menghasilkan goresan pena yang berkualitas. dikejar deadline? Coba hentikan sejenak aktivitasmu, kemudian santailah. Kerjakan acara yang tidak ada hubungannya dengan menulis mirip bermain dengan binatang peliharaan, olahraga, menonton kartun lucu, dan tidur. Lalu, kembalilah menulis dan lihatlah apa yang terjadi. Selamat mencoba, Guys!

Editor : Bagus Hermawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *